Jumat, 28 Desember 2012

cara melulur tubuh

Dua minggu sekali tubuh pelu dilulur untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Agar manfaatnya optimal, tentu pemilihan lulur yang digunakan harus tepat. Seperti apa?
Kulit yang halus, lembut, berkilau, dan selalu terjaga kelembabannya tentu bisa menambah rasa percaya diri kaum perempuan.
Kulit yang seperti itu tentu bisa diperoleh dengan perawatan teratur. Salah satunya dengan menggunakan lulur, paling tidak setiap dua minggu sekali.
Pemakaian lulur dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit
Setiap hari, kulit tubuh kita mengalami regenerasi. Sel-sel kulit mati yang menumpuk, akan membuat kulit terlihat kusam. Memang, setiap hari kita mandi menggunakan sabun untuk membersihkan tubuh. Tapi, sabun hanya berguna untuk mengangkat kotoran yang melekat pada tubuh. Bukan, mengangkat sel-sel kulit mati.
Karena itu, dibutuhkan bahan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati tersebut, sehingga kulit bisa beregenerasi dengan baik.
Dengan begitu, kulit akan senantiasa halus, lembut, berkilau, dan terjaga kelembabannya. Bahkan, rajin memakai lulur bisa menghambat proses penuaan dini.
DUA BENTUK
Meski punya banyak manfaat,  bukan berarti kita bisa sembarangan memilih lulur. Karena itu, ia menyarankan untuk mengenali lebih dulu macam-macam lulur yang banyak dijual di pasaran. Berdasarkan bentuknya, lulur dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

Krim
Lulur berbentuk krim memiliki tekstur butiran yang kasar. Lulur berbentuk krim digunakan dengan cara mengoleskan pada kulit tubuh, kemudian menggosok-gosoknya. Karena teksturnya yang kasar, lulur berbentuk krim ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Bubuk (Powder)
Lulur berbentuk bubuk atau powder mempunyai butiran yang sangat halus, dengan zat-zat aktif tertentu yang dapat menutrisi kulit. Lulur berbentuk bubuk ini biasanya dibuat dari susu, kelapa, dan sari bengkuang.
Karena butirannya yang sangat halus, lulur berbentuk bubuk ini lebih bermanfaat untuk menutrisi kulit. Bukan mengangkat sel-sel kulit mati.
Pemakaian lulur berbentuk bubuk juga berbeda dengan lulur berbentuk krim, yaitu dicampur dulu dengan olive oil, kemudian dibalurkan ke seluruh tubuh, didiamkan sampai mengering agar kulit dapat menyerap nutrisi dari bahan lulur, baru dibilas dengan air bersih.
FUNGSI  SESUAI  BAHAN
Selain dibedakan berdasarkan bentuknya, lulur juga dapat dibedakan berdasarkan kandungannya, yaitu kaolin, seaweed, serta campuran kaolin dan seaweed.
Kaolin adalah zat sejenis kolagen yang berguna untuk menghilangkan kotoran atau daki di tubuh dan mengencangkan kulit. Sedang seaweed mengandung vitamin C dan klorofil yang terdapat dalam rumput laut.
Kombinasi kandungan dan jenis lulur yang tersedia sekarang ini lebih disesuaikan dengan selera dan keperluan pemakainya.
Dan biasanya kaum perempuan lebih suka menggunakan lulur yang beraroma wangi. Jadi, selain kulitnya bersih dan lembut, tubuhnya juga wangi. Karena itulah, lulur dikemas berdasarkan bahan-bahan esensialnya dengan beragam aroma dan manfaat yang berbeda-beda. Berikut ini diantaranya:
Lulur Cokelat
Lulur cokelat mengandung antioksidan, yaitu flavanol yang mampu menjadikan kulit halus dan lembab. Sedang katekinnya membuat kulit bersih bercahaya.
Lulur Kopi
Lulur kopi dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan memerbaiki sel-sel kulit yang rusak, menjaga kelembaban kulit, menghilangkan bekas jerawat dan vlek-vlek di tubuh, memberikan proteksi kulit terhadap sinar matahari, dan menghambat proses penuaan.
Lulur Melati
Lulur ini mengandung sari bunga melati yang bermanfaat menangkal radikal bebas, mendinginkan kulit, menghaluskan dan melembutkan kulit, serta mengangkat sel-sel kulit mati.
Lulur Stroberi
Lulur ini dibuat dari ekstrak buah stroberi, ekstrak rempah dan daun-daun yang  bermanfaat untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh serta bagus untuk antiaging.
Lulur Green Tea
Mengandung sari green tea dan herbal lainnya sebagai penangkal radikal bebas, mendinginkan kulit, menjadikan kulit lebih halus dan cantik, menghaluskan badan dan menyegarkan kulit sehingga kulit tidak kusam atau kering.
CARA MENGGUNAKANNYA HARUS TEPAT
Selain pemilihan yang tepat, manfaat lulur akan lebih optimal bila digunakan dengan cara tepat. Banyak orang salah menggunakan lulur.
Kebanyakan mereka menggunakan lulur saat kondisi kulit kering. Padahal, itu bisa menyebabkan teriritasi, karena butirannya kasar. Agar itu tidak terjadi, berikut ini tips memakai lulur yang tepat:

Shower First
Bersihkan tubuh lebih dulu (mandi). Lebih baik lagi bila menggunakan sabun antiseptik agar kuman dan keringat yang menempel benar-benar hilang, sehingga pori-pori kulit terbuka dan dapat menyerap nutrisi yang diberikan.

Dry It Well
Keringkan tubuh dengan handuk bersih. Setelah itu, dalam keadaan kulit masih lembab, balurkan lulur ke seluruh tubuh hingga ke bagian liipatan-lipatannya. Gosok perlahan cairan lulur dengan gerakan memutar sambil dipijat-pijar ringan.

Wait and Peel
Setelah lulur terasa mengering, bersihkan sisa yang masih menempel dengan tangan hingga semuanya rontok. Kemudian, mandilah seperti biasa.

Moisturize
Keringkan tubuh, pastikan tidak ada satu bagian kulit pun yang masih basah. Selanjutnya, oleskan body lotion yang sesuai untuk kulit

2 komentar: