Jumat, 26 Februari 2016

BIOINSPIRATION SOSOK PENYELAMAT LINGKUNGAN PERAIRAN “ CLAMDAR95 “



BIOINSPIRATION
SOSOK PENYELAMAT LINGKUNGAN PERAIRAN
“ CLAMDAR95 “




Diajukan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Keanekaragaman Hayati



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2016
SOSOK PENYELAMAT LINGKUNGAN PERAIRAN
“ CLAMDAR95 “
            Bioinspirasi, mungkin mendengar kata - kata ini membuat saya berfikir keras. Inspirasi apa yang bisa saya dapatkan dari mahluk hidup dilingkungan sekitar saya. Banyak hal yang mungkin sudah saya lakukan, mulai dari memperhatikan setiap semut yang berjalan, daun yang tertiup angin, ayam yang berkokok, bahkan hingga memperhatikan prilaku dari seekor Achantina fulica (bekicot) yang jalannya sangat lambat. Tetapi, tak satupun inspirasi yang saya dapatkan. Mungkin, mencari inspirasi itu adalah hal yang tidak mudah bagi saya. Namun, saya tidak akan menyerah begitu saja karena menurut saya semua mahluk hidup di dunia ini bisa menjadi inspirasi dikehidupan kita.
            Pencarian saya akan inspirasi pun belum berhenti hingga saat ini. Hingga pada suatu hari pencarian yang saya lakukan membuahkan sebuah hasil. Tepatnya pada hari minggu tanggal 21 februari 2016, kala itu sekitar jam 16.00 WIB seperti biasa diskeitar rumah saya selalu ramai dengan canda tawa bocah bocah cilik yang sedang asik bermain. Saya yang sedang memperhatikan mereka bermain dari kejauhan, memutuskan untuk menghampiri dan ikut bermain bersama mereka. Dan ternyata mereka sedang memainkan permainan tradisional yang tak asing lagi bagi saya.Ya, permainan itu adalah permainan yang mengunakan kulit kerang yang di lemparkan bersamamaan dengan bola kasti.
(Gambar 1.1 Permainan kerang)
Awalnya saya tidak terfikir mengenai bioinspirasi. Tetapi, pada saat salah satu dari anak kecil tersebut bertanya pada saya mengenai tempat hidup dari kerang tersebut, seakan membangkitkan memori mengenai bivalvia. Berbicara mengenai bivalvia atau sering kita sebut kerang kerangan. Hewan ini yang biasanya menempati habitat di daerah perairan. Dan salah satu keunikannya adalah kerang ini memiliki peranan yang sangat penting dilingkungan perairannya. Kerang ini memiliki peran sebagai biokatalisator ada atau tidaknya pencemaran logam berat di dalam perairan.
Gambar 1.2 Anadara granosa
Kerang merupakan salah satu hewan yang tergolong filter feeder, yang mana kerang ini dapat menyerap polutan yang ada dalam laut dengan cara memakan partikel partikel logam yang ada di perairan. Sehingga polutan atau logam yang ada di perairan kadarnya akan menjadi lebih sedikit. Tetapi, bukan berarti dapat menyelamatkan keanekaragaman dari bivalvia sendiri. Justru dengan fungsinya sebagai filter feeder inilah yang membahayakan bagi kehidupan manusia dan kerang. Karena dengan memakan kadar logam yang ada di perairan, logam tersebut akan mengendap didalam tubuh kerang. Efek jangka panjangnya kerang akan mati karengan kelebihan kadar logam dalam tubuhnya. Sehingga dapat mengurangi keanekaragaman dari kerang tersebut. Dan berdampak pula bagi kita konsumen yang mengkonsumsi kerang yang didalam tubuhnya terdapat begitu banyak logam berat yang juga membahayakan bagi kesehatan manusia.
Dari kerang inilah saya mendapatkan inspirasi yang tadinya tidak pernah terfikirkan oleh saya. Inspirasi untuk membuat sebuah alat yang bernama CLAMDAR95. CLAMDAR95 ini merupakan suatu alat yang didesain khusus seperti layaknya kerang, mulai dari bentuknya, ukurannya, warnanya serta fungsinya akan sama persis dengan kerang. Alat ini merupakan suatu alat yang nantinya berguna bagi keselamatan kehidupan perairan, baik dari sisi keanekaragaman mahluk hidup yang ada di daerah perairan serta menyelamatkan perairan dari pencemaran logam logam berat. Alat ini berfungsi menyerap kandungan logam berat yang ada di dalam perairan, seperti timbal, merkuri, seng, nikel, cadmium, dan lain lain. Logam berat akan dengan mudah dapat diserap dengan alat kecil ini. Sehingga perairan dapat terbebas dari pencemaran logam berat. Namun, tidak hanya mampu menyerap kadar logam tetapi alat ini juga dapat mengukur kadar berbagai jenis logam yang mencemari perairan laut.
Alat unik  yang bernama CLAMDAR95 yang terinspirasi dari kerang, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Khususnya menjaga lingkungan perairan dengan mengurangi dampak pencemaran yang disebabkan oleh logam berat di perairan, serta menjaga kelestarian keanekaragaman mahluk hidup khususnya hewan hewan filter feeder agar tidak terkontaminasi oleh pencemaran logam yang ada di perairan. saya berharap suatu saat nanti CLAMDAR95 bukan hanya menjadi imajinasi saya, tetapi benar benar terwujud dimasa mendatang. Dengan harapan semoga kita bisa menjaga kelestarian perairan Indonesia dan menjaga keanekaragaman biota biota laut yang ada di Indonesia. Karena bumi dan isinya bukanlah warisan dari nenek moyang kita melainkan titipan untuk anak cucu kita.





Minggu, 02 Agustus 2015

KRITERIA CEWEK IDAMAN

Hellow my diaryku...
buku harian yang pasti punya banyak kenangan kenangan masa lampau yang selalu aku bagi bersma mu...!!!

ya saat ini aku mau cerita sedikit panjang lebar. Tapi gak lebar lebar lah..
sebenarnya banyak kisah yang gak sanggup aku selipka*jeh* maksudnya ku tuliskan ke sini. Tapi ada satu hal yang beneran mengganjal dikehidupanku.

Awal cerita, ada orang yg bisa ngerubah aku, makdudnya gini. saat aku bersamanya aku merasa, dia akan membawa perubahan padaku kenapa?.
Baca percakapan singkat ini dulu ya, orang itu laki laki, dia bukan pacar ataupun orang yang aku kagumi. Tapi aku hanya sering berbagi kisah padanya, tapi ingat dikehidupan nyata aku dan dia tak seakrab ini. Unik yaaa... :)

Oke kita lanjut, jadi begini ceritanya anggap dia A dan aku B yaa....
A : kamu punya tipe orang yang kamu sukai gak?
B : tipe? nggak sih, aku kalo dah suka sama orang ya bagi aku dia lah paling sempurna *ngayalin dia* :D
A : hah, sumpah loe? aku serius ni neng...
B : iyaaa bawel, galak bener. Apa ya... hmmm.... yang jelas kalo menurut pandangan perempuan tuh, kalo tipe ni yah, yang penting bertanggung jawab! 
A : eh gue mah juga bertanggung jawab kali, yaudah sama gue aja. wkwkwk...
B : idiwww, ogah sama orang ke lu... bertanggung jawab maksud aku, dia punya pekerjaan, mapan, rajin ibadah, bertanggung jawab atas aku. Itu maksudku.
A : bukannya cewek suka cowok kaya?
B : semua cewek tuh suka kalo disodorin cowok kaya mas. bagi cewek gak usah kaya bener, punya penghasilan tuh penting, kenapa itu udah jadi tanggung jawab kalian menafkahi kami. Kami gak matre, semua orang butuh uang untuk mencukupi kebutuhan. Coba aja kami fikir, adik cewek kamu nikah sama orang yg gak punya kerjaan.? Cuma modal ganteng doang? Emang mau kamu adik kami terlantar? Nggak kan. Nah gitu juga kami para cewek.
A : kamu gak suka yang ganteng gitu?
B : buat saat ini pun orang yang aku sukai gak begitu ganteng,. Ya suka lah kalo ganteng ya suka. Tapi tetep kami memilah mana yang beneran baik buat nanti jd calon suami kamI.
A : sadis, serius bener mbak,.
B : Anjrit ni, tadi aku becanda, minta serius. Sekarang aku serius loe becanda. Kelaut aja noh.
A : ih dia ngambek, sifat kau nia tu restu eh, dak usah cepat ngambek, bekerut mato kau tu. Mato lah bekantung cem tu gegara galaw nangis malam malam. Nambah kw cepat ngambek. haaa.. nenek nenek sebelum umur 25.
B : sialan nih kau awas kau besok kalo ketemu, kuhajar kau pake spatu wedges aku. Awas be yooo..
A: manolah berani. Preerttt....
B : eh, kalo difikir fikir yo, kalo bagi kalian cowok. Kalian suka cowek yg gimana?
A : hmmm.... bagi cowok ya, gampang kok. Cukup 3 hal, 
1. hubunga  antara ia dan allah ( ibadahnya )
2. Bisa masak.
3. Memiliki pekerjaan. ( mapan )
Itu doank simpel kan?
B : Kaliab gak suka yang cantik?
A : cantik belakangan, kami hanya mencari yang paling baik. Syukur syukur dapat yang cantik, baik, rajin sholat, bisa masak, mapan. Udah bahagia banget gue.
B : kamu bener perempuan ideal itu ya seperti yang kamu bilang.
A : kamu punya semua tipe itu gak? Aku yakin pasti cowok loe bakalan bilang sama dengan apa yg gue bilang deh. Dan saran aku, balik lagi liat dalam diri kamu tu, kalo kamu mau dapetin dia. Usaha, paling nggak ya bisa masak lah. ibdahmu tu kuatin. Karena jodoh itu cerminan diri kamu. 
B : kamu bener, harusnya aku belajar masak ya. Aku gak bisa masak.
A : percaya sama aku. laki laki suka banget sma cewek yang pinter masak. Belajar gih. Bentar lagi liburan. Manfaatin paling nggak bisa masak air lah.. wkwkwk.
B : kampret loh. *mikir dalem dalem*

Nah itu percakapan singkat antara aku dan temanku, jadi emang bener guys, kalo kita wanita. semuanya bakalan diperhatiin mulai dari penampilan, bisa masak gak, gimana ibadah kamu, mapan gak. 

Jujur untuk saat ini jauh dalam lubuk hati aku. Aku beneran pingin berubah, mulai dari penampilan. Mungkin, tak banyak perubahan. Tapi jujur,ulai dari masuk kuliah aku bener bener merhatiin penampilanku. Walaupun gak banyak berubah. Bahkan aku ingi  banget bisa kalem kaya cewek cewek diluar sana. Tapi mungkin belum aku masih usaha. Apalagi masak.
hoooohhh... boro boro tau gaK. Sumpah eh, mendingan jangan masuk jurusan biologi kalo mau pintet masak. Kenapa buat libur aja diisi bikin laporan. Gak bisa nyentuh pekerjaan rumah.

Jujur ya, aku dah capek, dibilangin gak pernah bisa bantu orang tua, masak pun tak bisa, budek sampe kupingku inI. Jujur keinginan buat bisa masak banyak. Tapi tolong jangan diejek ataupun dihina walaupun gak bisa sambil nangis pun aku kerjakan! itu barh dari keluarga. Aku takut banget nanti saat aku dah punya suami aku gak bisa masak. Apalah artinya. Aku bakalan dimarahin sama mertua, mungkin disepak laki ya kan.... ya gitulah abangku tuh. Taunya cuman ngejek ya. Gak bisa masak. Masak makanan gak enak. tapi gak pernah tau aku usaha sendiri buat bikinnya. Suport donk. hah.....

ya mungkin itu aja deh. Tapi kalian penasaran gak. Aku pernah tanya ke orang yang aku suka. Dia suka cewek yg gimana. mau tau gak? 
Besok yaaaa aku ceritaiiinnn.

Okeeeee..

Sabtu, 22 Maret 2014

KYAAA~

oh no !!! hahaaaa narsis ria oke !!

hohoho galauner~~~~ oh noooo
gak tuh haha

uhuyyyy payahla tuhhh hha

foto ter ter ter tergallaaauuuuuuuuuuuuuu yeeeeaaahhh
boleh kan
oke !!~~~~ bye


Kamis, 13 Februari 2014

5 Tipe Temen Berdasarkan Cara Mereka Ngucapin Ulang Tahun

Hari ulang tahun emang hari yang menyenangkan. Soalnya, di hari itu lah orang-orang terdekat maupun terjauh pada ngeramein notification henpon si ulang-tahuners. Yap, notification yang isinya berupa ucapan selamat ulang tahun. Naah, maka dari itu jomblo-jomblo ngenes suka pada kesenengan kalo lagi ulang tahun, soalnya kapan lagi henpon mereka jadi ada gunanya. Malah kadang, ada beberapa jomblo yang saking ngenesnya, ulang tahunnya minta diadain setiap hari. Biar henponnya gak sepi.

Tapi ngomongin ucapan selamat ulang tahun, di bawah ini ada beberapa tipe ucapan nih yang berasal dari beberapa tipe temen yang biasanya ada di sekitar kalian. Daripada bingung mikirin maksudnya apa, mending langsung liat aja yok!

Temen Asal Kenal
Kita pasti punya temen yang asal kenal. Contohnya temen Twitter. Di Twitter, biasanya semua following kita ada aja orang yang nggak kita kenal, tapi dianggap temen. Jadi gara-gara tweet-nya bagus atau avatarnya bagus, ya udah deh, kita follow aja, terus karena sering liat jadi berasa temen deh.

Untuk temen tipe kayak gini biasanya ngucapinnya agak bener, pake doa yang bener-bener doa, tapi doanya yang secara umum kayak, “Happy birthday ya! Semoga panjang umur dan sukses selalu!”

Kolega
Untuk temen tipe ini juga hampir sama sih cara ngucapinnya kayak temen asal kenal. Tapi, buat temen yang ini doanya lebih spesifik. Hal itu terjadi karena yang namanya kolega ya sering ketemu dan tau beberapa permasalahan yang lagi dihadapi, tapi permasalahannya yang kelihatan aja. Jadi ngucapinnya kayak, “Happy birthday bro! Semoga skripsi lo cepet kelar.”

Temen Kelewat Gaul
Sekarang peta penyebaran penduduk gaul udah nyebar ke mana-mana. Dan efeknya, kita pasti selalu punya temen yang kelewat gaul. Jadi untuk temen yang kelewat gaul ini, kalo ngucapin kata-katanya rada gak niat. Ya tujuannya buat lucu-lucuan aja sih sebenernya, kayak, “HBD WYATB PBB PKK BPUPKI STNK BPKB BDSM DLL.”

Temen Tapi Ngarep
Nah, khusus temen yang ini biasanya mantan gebetan. Jadi, kalau dia ngucapin ulang tahun kata-katanya rada kaku, tapi gak kaku-kaku amat sih. Yang jelas kalau dia ngucapin, si ulang-tahuners bakalan ngarep diucapin dengan kata-kata yang sweet. Tapi kenyataannya malah nggak. Dan ngucapinnya biasanya rada panjang, kayak, “Selamat ulang tahun ya, semoga panjang umur dan sehat selalu. Semoga sukses juga ya di segala urusan. Pokoknya wish u all the best deh. :)”

Satu hal penting yang nggak boleh lupa: harus pake emot senyum.

Nah, gitu. Dan biasanya lagi, si ulang-tahuners suka ngarep dia bilang, “Eh teraktir dong!” dengan begitu dia bakalan bilang, “Yaudah, ayuk gue traktir deh! Di mana di mana?” Sambil ngarep dianya beneran mau ditraktir, terus bisa ngobrol deh kalo ngarepnya jadi gebetan.

Padahal basa-basi doang itu minta ditraktir.

Sahabat Banget
Nah, buat yang terakhir ini nih yang paling songong. Biasanya, temen yang udah jadi sahabat kayak gini kalo temennya lagi ulang tahun, malah gak ngucapin gara-gara kelupaan.

Sekalinya inget, biasanya ucapannya kayak gini, “Eh kunyuk! Gileee ulang tahun ye! Traktir ah! Gak mau tau gue!”

Like a boss gitu lah.

Kalau kamu, seandainya ngucapin ke temen kamu, kata-katanya kayak gimana?

5 Alasan Cowok yang Suka Nonton Drama Korea Layak Dipacarin

Dengan berbangga hati, saya sebagai penulis artikel ini menyarankan kepada semua cewek di mana pun kamu berada, mau di dapur atau pun di sumur, mulai sekarang cintailah laki-laki yang suka menonton drama Korea.

Kenapa cewek harus suka sama cowok yang doyan nonton drama Korea?  Karena alasannya cuma satu, kasian cowok-cowok yang suka drama Korea itu pamornya selalu kalah sama anak basket, anak futsal, apalagi sama dokter, dan pilot.

Maka dari itu, segeralah kalian selamatkan cowok-cowok yang senang nonton drama Korea itu dengan mulai mendekati dan menggandrungi mereka. Tolong jangan lihat cowok pecinta drama Korea ini sebelah mata, apalagi gak dilihat sama sekali. Mereka juga layak dicinta, disayang, dan dimanja.

Dan lagipula, ada 5 alasan kenapa cowok yang suka nonton drama Korea itu layak untuk dipacarin. Untuk lebih lengkapnya lagi, mari kita saksikan dramanya. Oh maksud saya, kita simak poin-poinnya.

Punya Jiwa yang Lembut
Drama Korea itu ibarat asahan parang sebetulnya. Cuma bedanya, asahan parang itu bikin tajam, nah kalau drama Korea itu bikin penontonnya jadi lembut. Mau cewek atau cowok, drama Korea itu bisa bikin hati penontonnya jadi lembut. Cowok yang biasanya cuma nangis 4 tahun sekali aja bisa dibikin nangis tiap nonton episode-episode drama Korea.

Dan kelembutan jiwa laki-laki ini tentunya pantas dimiliki oleh cewek-cewek. Cowok dengan jiwa lembut itu wajib dipacarin, karena biasanya mereka adalah tipe penyayang. Dengan punya pacar penyayang, pacarmu gak akan kasar dan gak akan tegaan sama kamu.

Cuma kayaknya, si cowok bakal nangis mulu deh tiap kali kamu omelin.


Sensitif
Meski gak mengalami PMS, cowok yang menyenangi drama Korea itu biasanya sensitif. Sensitif di sini bukan berarti gampang nangis, tapi perasa.

Padahal mah beneran gampang mewek.

Dan cowok yang perasa itu biasanya peka. Dan sebagaimana kita tahu, cewek itu gak butuh cowok yang macem-macem yang penting cowoknya PEKA.

Kepekaan inilah yang jadi poin plus buat cowok penyuka drama Korea. Mereka bisa langsung ngerti perasaan cewek, karena sering lihat di drama yang mereka tonton. Cowok juga jadi tahu perasaan cewek, karena pernah melihat kondisi yang sama seperti dalam drama.

Kenapa cowok bisa memahami cewek dari sebuah drama? Karena cewek hidupnya memang penuh dengan drama.

Bisa Jadi Pacar Sekaligus Teman
Hampir semua wanita menyukai cowok yang bisa dijadikan pacar sekaligus dijadikan teman. Tapi lebih manfaat lagi bisa dijadikan kacung juga. Biar enak gitu disuruh-suruhnya.

Cowok penyuka drama Korea itu asik buat diajak nonton bareng. Kalau sedih bisa sedih bareng, kalau seneng bisa seneng bareng, pokoknya kalau diajak nonton bareng tuh enak banget. Cowok itu bisa merasakan apa yang cewek rasakan.

Kan enak kalau nonton bareng cowok yang suka drama Korea juga. Pasti ada satu momen yang membuat kalian berpelukan bersama. Apalagi suasana nontonnya begini:


Teman Diskusi yang Baik
Ada satu hal yang menarik tentang obrolan soal Korea (mau drama ataupun musiknya), yaitu pembicaraannya seolah tak akan pernah berakhir. Abis ngobrolin drama, lanjut ngomongin musiknya, abis itu ngomongin boy/girlband-nya, belum lagi ngomongin artisnya, belum lagi ngomongin variety show-nya. Wah kalau dibahas semua bisa-bisa Nyunyu.com berubah jadi forum K-Pop.

Khususnya buat cewek, mereka juga sangat suka ngomongin masalah K-Pop ini. Nah kalau biasanya kalian cuma ngomonginnya sama cewek, cowok yang suka nonton drama Korea juga enak diajak ngomongin begituan kok. Pasti cowok-cowok itu gak cuma kepo soal dramanya aja, semua pasti mereka ubek.

Buat contoh, coba aja diskusi sama yang nulis artikel ini soal K-Pop. Pasti asik deh diskusinya.

Anti-mainstream
Cowok suka basket? Ah banyak. Cowok suka ngeband? Lebih pasaran lagi. Lihat dong cowok yang suka drama Korea, jarang banget (atau pada gak mau ngaku). Dan karena jarangnya itu, cowok-cowok ini jadi masuk ke kategori anti-mainstream.

Jadi buat cewek yang suka sama cowok yang anti-mainstream, pacarinlah tipe cowok yang doyan nonton drama Korea. Dijamin kalian bakal punya cowok yang beda dari cowok-cowok lain.

Jadi gimana, layakkah seorang cowok penikmat drama Korea untuk dipacarin?

5 Alasan Valentine Mendingan Sendiri

Kata orang, bulan Februari adalah bulan penuh cinta, soalnya cuma di bulan Februari inilah ada yang namanya hari kasih sayang atau Valentine. Di hari Valentine ini, semua yang punya pacar akan berlomba-lomba menunjukkan kasih sayang mereka dengan pacarnya melalui sebuah hadiah kecil-kecilan. Yap, coklat atau bunga.

Orang yang punya pacar, emang selalu sukses bikin yang single makin terpuruk. Di saat yang punya pacar pas Valentine pada main sayang-sayangan, yang single cuma bisa main layangan. Itu juga mainnya sendirian.

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata ngerayain Valentine sendiri itu nggak seburuk apa yang orang-orang bayangin?

Naaaah, pada belum tau kan alasannya? Ini dia nih jawabannya:

Biar Gak Ribet
Menjelang Valentine, biasanya orang yang punya pacar suka pusing sendiri. Iya, pusing kira-kira pas hari ‘H’ nanti mau ngasih pacarnya hadiah apaan. Entah itu coklat, bunga, kotak musik, atau kotak amal. Soalnya, kalau nggak dikasih sesuatu, biasanya si pacar suka tiba-tiba ngambek nggak jelas sendiri. Tiba-tiba bete gitu yang kalau ditanya, “Kamu kenapa?” jawabnya, “Aku gapapah” sambil pake emoticon senyum.

Coba kalau single, menjelang Valentine mah nggak akan sibuk mikirin begituan…. tapi sibuk mikirin gimana caranya taun depan Valentine-annya nggak sendirian lagi.

Biar Hemat
Valentine emang hari kasih sayang. Tapi sayangnya, di hari itu yang punya pacar merasa terwajibkan buat ngasih sesuatu ke pacarnya, entah itu coklat (dan ini pun coklatnya mahal), ataupun bunga (ini juga mahal pas Valentine). Kalau nggak, bisa jadi di hari itu si ceweknya ngambek, dan jadinya berantem. Atau dampak yang paling buruk bisa jadi putus gara-gara Valentine. Kan gak lucu aja kalau ditanya orang, “Lu kenapa putus?” jawabnya, “Gitu deh, gara-gara gue gak ngasih dia coklat.” Atau, “Lu kenapa putus?” jawabnya, “Tau tuh, dia mutusin gue gara-gara gue ngasih coklat payung.”

Naaaah, kalau Valentine-nya sendiri kan enak, nggak akan ada itu yang namanya ngasih-ngasih hadiah. Jadi hemat deh. Malah daripada ngasih hadiah, mending uangnya ditabung buat nyusul tukang bubur yang lagi naik haji.

Mengurangi Kemacetan dan Polusi Udara
Kalau lagi Valentine, yang punya pacar pasti ribet mau ngajakin pacarnya pergi ke mana. Kalau yang udah-udah, biasanya udah dari jauh hari ngerencanain bakal pergi ke sini lah, ke situ lah, pokoknya tujuannya tempat romantis deh.

Coba kita telaah lagi, kalau saja di salah satu kota besar yang ngerayain Valentine itu ribuan orang, nggak kebayang deh itu kota macetnya bakalan kayak apa, ditambah polusi udara. Mending kalau yang pacaran pada mau nyarter bis buat kencan rame-rame daripada bawa kendaraan masing-masing.

Daripada bikin macet dan polusi gitu kan emang mendingan sendiri aja, gak bikin macet sama polusi. Soalnya di rumah doang. Dan emang bagi para single orang pacaran itu bikin polusi,... polusi mata.

Biar Mandiri
Semakin ke sini, manusia pasti akan melewati beberapa tahap menuju sifat kedewasaan. Mulai dari tahap anak-anak, remaja, sampai ke tahap yang paling akhir, dewasa. Mungkin ketika berada di masa anak-anak, kita emang tidak bisa lepas dari bantuan orang lain, ya, maksudnya bantuan orang tua. Begitu pun di masa-masa remaja.

Naaaah, ketika dewasa, ada kalanya kita mulai mencoba segala sesuatunya itu sendiri, atau bisa dibilang hidup mandiri. Mulai dari belajar, nyari duit, sampai ke Valentine-an pun kita juga harus bisa sendiri.

Intinya, mending ngerayain Valentine-nya sendiri. Betul, ini semua demi hidup mandiri.

Karena Emang Nggak Ada yang Bisa Diajakin Valentine-an
Nasib telah menjadi bubur. Betul, salah satu alasan paling menyedihkan dan mendasar kenapa Valentine mendingan sendiri ya… karena nggak ada yang mau diajakin buat Valentine-an.

Suram, bener-bener suram.

Tuh, apa kami bilang, mendingan sendiri aja kan?

Kalau kamu biasanya Valentine-nya ngapain? Sama pacar apa sama bayangan? hayoo hehe ^^

5 Kelakuan Cewek yang Pasti Dilakukan Ketika Ngumpul

Ngumpul sama temen emang kegiatan paling asik. Karena kalau kita udah ngumpul, biasanya selalu terselip hal-hal yang menyenangkan walaupun akibatnya merugikan orang lain, misalnya... mencet-mencetin bel rumah orang terus kabur.

Mau kaum cowok atau cewek sendiri sebenarnya kalau ngumpul tujuannya cuma satu: mencari kesenangan. Tapi dalam mencari kesenangannya ini yang caranya beda-beda. Kalau buat kaum cowok sih simple, palingan cuma nongkrong atau main game atau lemparin petasan ke dalem angkot terus kabur.

Tapi kalau cewek? Selalu harus ada satu, dua, atau semua faktor seperti di bawah ini...

Ngobrol Tapi Ngomongnya Teriak-Teriak
Buat yang belum pernah ke tongkrongan cewek, kami saranin jangan. Sekali lagi kami tekankan jangan, atau gendang telinga anda akan mengalami kebocoran halus.

Yang namanya cewek lagi ngobrol, mau jaraknya jauh atau deket volumenya selalu sama, sama-sama bikin pengang. Jadi buat cowok-cowok yang suatu saat nanti diajakin ceweknya buat main sama dia dan temennya, kami saranin nemeninnya sambil pake helm. Kalo bisa helm astronot, biar kedap suara.

Foto-Foto
Dalam sebuah tongkrongan cewek, rasanya tidak afdol kalau mereka tidak melakukan ritual turun-temurun dari zaman Firaun dagang nasi uduk, yaitu foto-foto.

Mending kalau jumlah fotonya dalam kadar yang fotoniawi atau dalam batas foto yang sewajarnya, lah ini, sekalinya ngumpul bisa jutaan ratus belas foto.

Dan seperti biasa, pada akhirnya yang punya kamera lah yang paling menderita.
“Gue gak mau tau ah, besok upload-in fotonya di Twitter biar bisa gue save! Hehehe!!!!”

Ngomongin Gebetan Masing-Masing
Hampir semua topik obrolan cewek pas mereka ngumpul adalah gebetan mereka masing-masing. Kalau pun salah satunya ada yang gak punya gebetan, dia juga tetep ngomongin... tapi ngomongin gebetan orang lain.

Semua permasalahan gebetan pasti diomongin, mau grafiknya mengalami kemajuan, kemunduran, kemenyampingan, pokoknya semua-mua tentang gebetan pasti diomongin deh. Dan juga biasanya setelah itu masing-masing orang ada yang nyoba ngasih masukan. Terus kalau nggak setuju juga bakal rame-rame diomongin, ibarat Konferensi Meja Bundar deh.

Agak beda sama cowok yang kalau mengalami kemunduran progress sama gebetan seringnya malah diketawain sama temen-temennya.

Ngomongin Orang
Kalau topik tentang gebetan masing-masing udah abis, mereka pasti akan beralih ke topik lain yang intinya juga sama, ngomongin orang. Entah itu ngomongin tentang yang baik-baiknya, atau juga yang buruk-buruknya. Biasanya sih banyakan buruknya.

Kalau ngomongin orang, terutama kejelekannya, biasanya yang paling sering diomongin ya sesama cewek. Entah itu cewek dari geng sebelah, dari kelas sebelah, dari sekolah/kampus sebelah, atau dari meja sebelah nggak jarang lolos dari omongan, apalagi kalau cewek itu dandanannya nyolot.

Ya kan?

Ngebajak Akun Social Media
Untuk hal ini kelakuan yang paling sering dilakuin nih sama cewek-cewek yang lagi ngumpul. Pokoknya kalau ada yang lengah dikiiiiiiiiiiit aja naro gadget, bakalan abis itu gadget dibajak-bajakin akun socmed-nya.

Yang paling sering sih BBM-nya yang dibajakin. Mulai dari fotonya diganti yang paling jelek lah, display name-nya diubah jadi yang aneh-aneh lah, sampe ke personal message yang isinya aneh-aneh juga sering dilakuin.

Varah kalian. Varah.

Tuh, itu dia yang biasanya cewek-cewek lakuin kalo mereka lagi ngumpul. Bener nggak tuh? Yang paling sering kalian lakuin yang mana? Atau ada yang mau nambahin? Geseran dikit dong yang di kolom comments...